Solusi Update Firmware Emmc Samsung GT-i8262

Disini saya ingin berbagi Solusi Update Firmware EMMC (update FFU) pada HP Samsung GT-i8262 untuk type EMMC KML7X000HM dimana di Box UFI  yang saya pakai belum suport untuk type EMMC ini.

Kenapa saya berbagi cara update firmware emmcnya?karena emmc bawaan masih layak pakai ataupun untuk meminimalisasi dana service untuk user

Kenapa juga share cara Solusi update firmware emmc i8262?
karena selama ini saya sudah coba cari cari sampai mumet dan sepertinya masalahnya sama...dengan emmc bawaan KML7X000HM belum ada BOX yang punya file Firmware Updatenya

bukannya ada file FFU untuk KML7U000HM? Memang ada tetapi dari beberapa kali percobaan selalu gagal...sampai disini saya belum tahu kenapa gagalnya, menurut saya pribadi sih karena type chip controlernya memang berbeda antara KML7X000HM dengan KML7U000HM.

Oke langsung saja saya bagi cara updatenya


  • Pertama tama yang harus kita lakukan adalah Solder jalur ISP pada SAMSUNG GT-I8262
    i8262 direct emmc pinout
    i8262 direct emmc pinout
  • Setelah sukses dengan solder menyoldernya, silahkan cek dengan Box UFInya, jangan lupa centang Direct emmcnya
  • selanjutnya pastikan emmc terdetect, apapun kondisinya
  • kemudian klik "smart report" biasanya akan ada error ECCnya
  • nahhh....karena error ECC maka emmc ini tidak layak pakai karena pasti akan error pada saat flashing ataupun malah gagal boot atau dead boot atau matot HPnya
  • disini kemudian kita memerlukan proses Update FFU EMMCnya
  • saat praktek emmc KML7X000HM saya coba update FFU menggunakan Firmware FFU emmc KML7U000HM dan selalu gagal
  • lanjut disini SOLUSInya...kembali lakukan Update FFU, tetapi kita ambil FFU emmc KLM8G1WEMB-B011 dan ternyata sukses, sehingga EMMC bawaan yaitu KML7X000VM secara fisik masih tetap sama tetapi emmc firmware dan stuktur controlernya berubah menjadi KLM8G1WEMB dan yang terpenting adalah EMMC sudah bisa terformat dan dalam kondisi tanpa cacat ECC lagi
  • saya anggap semuanya sudah selesai dan EMMC siap diisi lagi
  • Isi file Dump, bisa FULL DUMP ataupun cukup dengan 512Mb saja sudah cukup untuk sekedar masuk mode DOWNLOAD dan bisa dilanjut dengan flash via ODIN

Sekiranya cukup disitu saja saya berbagi cara repair emmc asli bawaan SAMSUNG GT-I8262 dengan metode DIRECT....

Apabila masih ada yang RAGU  dan  BINGUNG  bisa tonton prosesnya di video yang saya buat di sini 

Semoga apa yang saya alami dan saya bagi ini bisa bermanfaat dan bisa membantu Teknisi Ponsel untuk melakukan pernbaikan yang sama seperti yang saya lakukan

sampaikan saran dan kritiknya untuk kemajuan saya kedepan dalam membuat tutorial maupun berbagi, karena berbagi adalah sesuatu yang sangat indah bukan

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Firmware RAW Asus Zenfone 2 Z008D ZE550ML

Unlock FRP Lenovo A1000m

Firmware Stockrom Vivo Y28